Hari Bank Dunia 1 April 2021

Umum

Hari Bank Dunia

Sejarahnya

Pada 1 April 1944, diadakanlah konferensi penting di Amerika Serikat, tepatnya di Bretton Woods, New Hampshire. Konferensi bertajuk United Nations Monetary and Financial itu membentuk sebuah badan yang mengurus perekonomian dunia.

Badan ini disebut World Bank alias Bank Dunia.

Tugas utamanya adalah memberikan dana moneter atau dana bantuan pada negara-negara yang perekonomiannya sedang tidak sehat, agar tidak sampai mempengaruhi kondisi ekonomi wilayah yang ada di sekitarnya.

Negara pertama yang mendapatkan bantuan dari Bank Dunia adalah Prancis. Kala itu, menara Eiffel membutuhkan dana segar senilai 250 juta dolar Amerika Serikat (AS), untuk membangun kembali infrastruktur negara mereka yang hancur lebur pasca perang. Dana bantuan dari Bank Dunia  itu akhirnya sangat bermanfaat untuk membantu Prancis.

Bank Dunia atau World Bank adalah lembaga internasional yang membantu negara-negara dengan pembiayaan dan nasihat keuangan.

Tujuannya adalah:

– untuk membantu negara berkembang merancang pembangunan rencana

– untuk membangun insfratruktur dan ekonomi mereka

– untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan taraf hidup warganya.

Awalnya, Bank Dunia dibentuk hanya untuk membantu perekonomian negara-negara yang tengah porak poranda pasca Perang Dunia II. Namun seiring berjalannya waktu, mereka mulai mengucurkan dana bantuan untuk wilayah yang ekonominya mengalami penurunan karena bencana alam, krisis moneter, maupun sebab lainnya. Kantor pusat Bank Dunia saat ini berada di Washington DC, Amerika Serikat.

Selain itu, mereka juga memiliki kantor cabang di 11 negara berbeda. Organisasi ini diikuti oleh 184 negara. Selain memberikan bantuan dana,  Bank Dunia juga bertugas memberikan jasa konsultasi pada negara yang ingin memperbaiki perekonomiannya.

Mereka akan menyampaikan solusi terbaik untuk mengentaskan kemiskinan serta memperbaiki standar kehidupan para warga di negara terkait. World Bank juga turut membantu memfasilitasi investasi internasional. Lembaga tersebut menjadi salah satu penyandang dana terbesar untuk pendidikan.

Sejak 1963, Bank Dunia telah mengeluarkan 36,5 triliun dolar AS untuk pinjaman dan hibah pendidikan.

Indonesia sendiri juga memperoleh banyak bantuan utang dari organisasi bertaraf internasional ini

Selamat Hari Bank Dunia !

Sumber : batam.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *